Soal Sejarah
A.
Pilihlah jawaban yang paling tepat
1.
Kata
sejarah diambil dari kata Syajarah, berasal dari bahasa ....
a.
Sansekerta d.
Inggris
b.
Belanda e.
Arab
c.
Kawi
2.
Inti
pengertian yang menyatakan bahwa sejarah adalah segala sesuatu yang telah
dilakukan manusia dimasa lampau dikemukakan oleh ….
a. Nugroho Notosusanto d.
Patrick Gardiner
b. WH. Walsh e.
JV. Brice
c. Soekarno
3.
Kehidupan
manusia dan arti kata sejarah ada hubungan yang erat mengenai ….
a. Peristiwa yang terjadi dan akan
terjadi lagi
b. Proses pertumbuhan yang berakhir
dimasa kini
c. Peristiwa yang hanya sekali
terjadi
d. Peristiwa yang terus menerus
terjadi
e. Proses yang terus menerus
berlangsung
4.
Untuk
mengungkap kehidupan manusia pada masa lampau, sejarah telah menformulasikan
dalam lima pertanyaan, salah satunya ialah how,
yaitumenunjuk kepada ….
a. Adanya hubungan sebab akibat
dalam peristiwa sejarah
b. Tempat peristiwa terjadi
c. Proses terjadinya peristiwa
sejarah
d. Peristiwa pada masa lampau
e. Waktu terjadinya peristiwa
sejarah
5.
Dengan
mempelajari sejarah kita akan mempunyai wawasan sejarah. Pertanyaan ini menurut
pendapat…
a. Nugroho Notosusanto d.
C.P Hill
b. Sartono Kartodirdjo e.
E.H Carr
c. Roeslan Abdulgani
6.
Mempelajari
sejarah juga berguna untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Menurut I Gde
Widja termasuk manfaat menberi ….
a. Pelajaran d.
ilham
b. Pengajaran e.
hiburan
c. Pendidikan
7.
Apabila
kita membuat sebuah cerita “Kisah Roro Jonggrang” untuk dipentaskan pada acara
akhir tahun, ini termasuk ….
a. Sejarah sebagai peristiwa d.
sejarah sebagai kisah
b. Oral history e.
sejarah karangan
c. Life history
8.
Roeslan
Abdul Gani pernah menyatakan bahwa ….
a. Tidak ada hubungan antara masa
lampau dan masa kini
b. Masa lampau tetap masa lampau
c. Ada hubungan antara masa lampau,
masa kini, dan masa yang akan datang
d. Masa lampau dan masa sekarang
dipisakan oleh masa kini
e. Masa kini kelanjutan masa lampau
9.
Dengan
mempelajari kisah-kisah sejarah ditempat yang jauh, dinegara Negara seolah-olah
kita bertamasya, yang ini merupakan kegunaan sejarah dalam segi meberi ….
a. Pelajaran d.
ilham
b. Pengajaran e.
hiburan
c. Pendidikan
10. Sejarah sebagai peristiwa juga
disebut sejarah ….
a. Objektif d.
subjektif
b. Berulang e.
sebagai kisah
c. Cerita
B. Jawablah
pertanyaan pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan tepat !
1.
Berdasarkan
uraian diatas, apakah yang dimaksud dengan sejarah ?
2.
Bagaimanakah
definisi sejarah menurut kesimpulan yang diambil oleh Muh. Ali ?
3.
Bagaimana
maksud ungkapan “sejarah sebagai peristiwa” dan “sejarah sebagai kisah”?
jelaskan dan beri contohnya!
4.
Apakah
maksud dan tujuan adanya periodisasi
5.
Sebut
dan jelaskan fungsi pengajaran sejarah!
JAWAB
1.
Sejarah
adalah peristiwa yang terjadi dimasa lampau dan mempengaruhi kehidupan.
2.
Menurut
Muh. Ali:
- Sejarah yaitu ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau
- Sejarah yaitu kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yakni menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia
- Sejarah yaitu cerita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi)
3.
Maksud ungkapan :
- jarah sebagai peristiwa : kejadian, kenyataan, aktualitas, yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada masa lalu.
- Sejarah sebagai kisah yaitu cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan pendapat seseorang, memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau.
4.
Priodisasi atau pembabakan waktu adalah salah satu
proses strukturisasiwaktu dalam sejarah dengan pembagian atas beberapa babak,
zaman atau periode.
- Maksud periodisasi adalah semacam rangkaian serial menurut urutan zaman.
- Tujuan periodisasi yaitu : melakukan penyederhanaan, memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah, mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis, memudahkan pengertian, untuk memenihi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan. Dan intinya yaitu agar dapat diketahui cirri khas atau karakteristik kehidupan manusia sehingga mudah dipahami.
5. Fungsi
pengajaran sejarah :
N Fungsi
dan guna edukatif : dengan belajar sejarah dapat dijadikan pelajaran dalam
kehidupan keseharian bagi setiap manusia.
N Fungsi
dan guna inspiratif : sejarah dapat memberikan inspirasi melalui beberapa karya
sejarah yang dipelajari serta didengarnya .
N Fungsi
dan guna instruktif : sejarah digunakan untuk membantu menyampaikan suatu ilmu
pengetahuan atau keterampilan, dalam suatu proses pembelajaran kepada subjek
belajar.
N Fungsi
dan guna rekreatif : dengan membaca seseorang mengetahui keadaan mengenai suatu
peristiwa yang terjadi disuatu wilayah tanpa ia harus pergi dan melihat
ketempat terjadinya